Tuesday, April 1, 2014

Perbedaan Ogoh - Ogoh Zaman Dulu Dan Sekarang

 Tidak terasa jaman semakin maju dan semakin terus berkembang. istilah perkembangan jaman ini disebut jaman modern. pada umumnya seperti ogoh - ogoh. siapa yang tidak mengenal ogoh ogoh? semua orang pasti mengenal ogoh - ogoh. ogoh ogoh adalah suatu karya seni yang berasal dari bali. perbedaan ogoh ogoh pada jaman dulu dan sekarang adalah

- jaman dulu
ogoh ogoh terbuat dari  bahan yang masih tradisional yaitu bambu. sehingga membuat ogoh ogoh kurang terlihat sangat bagus dan masih terlihat ulat - ulatan bambu yang menonjol pada permukaan ogoh - ogoh.
pada jaman ini ogoh ogoh masih sedikit, hanya 2-3 ogoh ogoh saja dalam satu banjar. ogoh ogoh pada jaman ini jika diendapkan dapat terurai dengan cepat, dan ogoh ogoh pada jaman ini sangat sulit untuk menjualnya.  tetapi pada jaman ini kekompakan pemuda pada banjar masing masing masih sangat terjaga, dikarenakan pada jaman ini warga masih bekerja sebagai petani.

-jaman sekarang
ogoh ogoh sudah mulai berkembang terbuat dari styrofoam (gabus) sehingga pada saat selesai malam pangerupukan ogoh ogoh ini biasanya dibakar. pada saat dibakar ogoh ogoh ini akan mengeluarkan asap yang sangat berbahaya dan dapat menimbulkan penyakit. tetapi untungnya pada saat menggunakan gabus ini ogoh ogoh dapat dijual kembali dengan pembeli tamu tamu dari luar negri yang sangat inisiatif melihat ogoh ogoh ini terlihat menarik sehingga tamu tamu ini pada umumnya akan memamerkan ogoh ogoh di negrinya. ogoh ogoh menggunakan gabus akan sangat terlihat bagus karena dilengkapi dengan kornis yang dapat membuat ogoh ogoh terlihat halus sperti nyata. pada jaman ini ogoh ogoh sudah mulai berkembang, dapat dilihat dari jalanan ogoh ogoh yang sangat banyak. dan pada jaman ini kekompakan pemuda di masing masing banjar sudah mulai berkurang karena kesibukan masing masing.

0 comments:

Post a Comment