Thursday, April 3, 2014

Berita Tsunami Kecil Dibali, BMKG Minta Warga Waspada

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bali menginstruksikan seluruh masyarakat khususnya yang berada di pinggir pantai untuk waspada. Sebab efek tsunami yang terjadi di Chile akan menerjang Bali pada Kamis (3/4/2014). Diprediksi ketinggian gelombang mencapai 0,5 meter atau setengah meter.

"Dampaknya akan menerjang pantai-pantai yang ada di Bali seperti Sanur, Kuta dan pantai lainnya di wilayah Bali," kata Kepala BMKG Bali Wayan Suardana.

Seperti diketahui, gempa berskala 8,2 skala richter mengguncang Chile dengan kedalaman 10 km di Pantai Utara Chile atau 240 Barat laut Bombay, India pada Rabu (2/4) pukul 06.46 WIB yang menimbulkan tsunami setinggi 1,92 meter di wilayah pesisir Chile, Peru, Ekuador, Kolombia, Panama, Kosta Rika dan Nikaragua.

Dampak tsunami Chile berakibat hingga ke wilayah Indonesia termasuk Pulau Bali. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan BMKG, dampak gelombang tsunami Chile akan menghantam pantai-pantai Bali pada Kamis (3/4/2014) sekitar pukul 08.00-09.00 Wita.

Pada saat tertentu ketika cuaca Bali memburuk, ketinggian gelombang bisa mencapai 3 meter. "Dari kriteria itu maka kita mesti waspada saja. Tidak perlu dikhawatirkan. Yang terpenting adalah waspada," saran Suardana.

sumber : http://m.beritajatim.com/peristiwa/202787/tsunami_kecil_di_bali,_bmkg_minta_warga_waspada.html#.Uz1iTjvHmgQ

0 comments:

Post a Comment